Grobogan Menggelar Festival Tayub Sambut Tahun Kunjungan Wisata

Posted by Unknown Senin, 06 Mei 2013 0 komentar

MENYAMBUT_TAHUN_KUNJUNGAN_WISATA_JATENGMenyambut tahun kunjungan wisata 2013, Pemerintah Kabupaten Grobogan menggelar festival tayub yang dikuti 19 kelompok dari   Provinsi Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur di Alun-alun Kabupaten Grobogan Rabu (27/3). Selain untuk menyambut tahun kunjungan wisata, Festival tayub tersebut digelar dalam rangkaian hari jadi Kabupaten Grobogan yang ke 287.
Kepala Disporabudpar Grobogan, Drs. Hery Rusdiyanto, MM, lomba tayub digelar dengan tujuan memperkenalkan karya seni tayub juga untuk mempertahankan jati diri dan nilai-nilai luhur yang dimiliki masyarakat Kabupaten Grobogan.
“Memang lomba tayub ini digelar utamanya untuk mendukung visit Jawa Tengah tahun 2013. Selain itu juga untuk merevitalisasi budaya lokal secara berkelanjutan sehingga jati diri dan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam seni tayub itu bisa di pertahankan. Karena kita tahu bahwa Tayub itu sendiri berasal dari kata di tata dan guyub. Artinya mari kita selalu menata diri secara guyub atau gotong royong yang tanpa pamrih memajukan pembangunan disegala aspek. Untuk pesertanya sendiri dari Kabupaten / Kota Jawa Tengah, DIY, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Tulungagung, Nganjuk dan tuban total diikuti 19 kelompok” Jelas Hery saat memberi sambutan.
Hery juga menambahkan, lomba tersebut selain memberikan tontonan juga memberikan tuntunan bagi masyarakat yang kurang memahami makna dari pada tayub.
“ Jelas selain tontonan, sudah pasti mengandung tuntunan juga meningkatkan potensi wisata seni dan budaya kas Kabupaten Grobogan. Selain juga untuk menghibur kepada wisatawan / masyarakat juga memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa tayub adalah kesenian rakyat yang banyak mengandung filosofi kehidupan yakni kegotong royongan dan tidak berbau purnografi maupun purno aksi namun lebih kepada kesesuaikan gerak, ekspresi dan irama ” tambahnya.
Pada festival tayub tersebut sebagai juara pertama diraih Kabupaten Blora dan mendapat uang pembinaan sebesar Rp.5 juta, juara dua Kabupaten Sragen mendapat uang pembinaan Rp, 4,5 juta dan juara tiga kabupaten Wonogiri memperoleh Rp 4 juta. Sedangkan sebagai juara harapan I diraih Kabupaten Tuban dan mendapat uang pembinaan sebesar Rp 3 juta, disusul Kecamatan Wirosari Grobogan mendapat uang pembinaan Rp 2 juta, dan ketiga diraih kabupaten Gunung Kidul dan berhak mendapat uang pembinaan sebesar Rp.1 juta. Sebagai Dewan Juri pada festival tayub tersebut, Dinbudpar Prov. Jateng, Dosen ISI Surakarta, Dosen ISI Jogyakarta, Dosen UNNES Semarang dan Kabid Kebudayaan Disporabudpar Kab. Grobogan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Grobogan Menggelar Festival Tayub Sambut Tahun Kunjungan Wisata
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gubugraya.blogspot.com/2013/05/grobogan-menggelar-festival-tayub.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of BERITA GROBOGAN.