PurwoTirta Dharma akan Bangun IKK di Gubug dan Kedungjati

Posted by Unknown Senin, 06 Mei 2013 0 komentar

Bangun_Dua_IKK_BaruPerusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan akan membangun dan mengembangkan 2 instalasi kota kecamatan (IKK) pada tahun 2014 mendatang. Pembangunan IKK tersebut, akan dibangun di Kecamatan Gubug dan Kedungjati.
”Untuk membangun IKK, menghabiskan dana sebesar Rp 8,2 miliar bantuan dari APBN,” 
kata Direktur PDAM Purwa Tirta Dharma Kabupaten Grobogan, Ady Setyawan, usai menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) bidang air minum Tahun 2014 di Aula Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Keluarahan Danyang, Kecamatan Purwodadi, beberapa waktu lalu.
Ady menjelaskan, kedua IKK tersebut sudah berdiri sejak lama namun tidak berfungsi dengan baik. Sehingga kebutuhan air di wilayah Kabupaten Grobogan sebelah barat yang meliputi Kecamatan Gubug, Tegowanu, Tanggungharjo, dan Kedungjati, tidak dapat terpenuhi. Disebabkan pelayanan dan pengembangannya tidak tersistem dengan baik maka 2 IKK di kedua kecamatan itu tidak dapat berfungsi.
”Setelah kita programkan untuk perbaikan, pemerintah pusat memberikan bantuan sebesar Rp 8,2 milyar atau setiap IKK diberi Rp 4,1 milyar. Mulai dibukanya dua lokasi itu, di Kecamatan Gubug baru bisa melayani 100 sambungan rumah (SR) dari kapasitas 2.000 SR dan tahun 2014 nanti bisa menambah 500 SR. Sedangkan IKK di Kecamatan Kedungjati mampu melayani 2.000 SR dan Kecamatan Tegowanu, 2.000 SR dari Kecamatan Kedungjati,” papar dia.
Menurut Staf Bina Program Air Minum Dinas bina Marga Jawa Tengah, Agus Priambodo mengatakan, untuk bisa merealisasikan program dari PDAM Purwa Tirta Dharma harus mendapatkan surat izin air baku dari pemerintah, mempunyai lahan yang akan digunakan untuk kantor dan Instalasi Pengolahan Air (IPA).
”Syarat pokoknya tiga tadi harus bisa dipenuhi semua. Sementara rencana pembangunan juga sudah masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJD) dan Rispam. Dari analisis itu, maka akan diketahui berapa besarnya anggaran yang keluarkan,” kata Agus.
Sementara itu, Camat Tegowanu Tatang Wahyu SH, menyambut baik atas dibukanya jaringan air PDAM di daerahnya. Pasalnya, di daerah tersebut jaringan air PDAM sangat dinanti karena sering menjadi langganan kekeringan ketika musim kemarau.
”Saya harapkan dengan adanya sambungan air bersih dari PDAM di Kecamatan Tegowanu bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Karena selama ini, warga hanya menggunakan air tanah atau sumur. Bila waktu musim kemarau terjadi kekeringan dan warga kesulitan mendapatkan air bersih,”ujarnya.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PurwoTirta Dharma akan Bangun IKK di Gubug dan Kedungjati
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gubugraya.blogspot.com/2013/05/purwotirta-dharma-akan-bangun-ikk-di.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of BERITA GROBOGAN.