Puluhan Kelompok Tani Dapat Bantuan Peranakan

Posted by Unknown Rabu, 08 Mei 2013 0 komentar

Kambing_EtawaDinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Grobogan akan menggelontorkan bantuan peranakan kambing dan sapi tahun 2013 ini. Bantuan itu, akan diberikan kepada 30 kelompok ternak kambing dan 2 kelompok ternak sapi serta tiga kelompok itik.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Grobogan drh. Riyanto mengatakan, pemberian bantuan anakan kambing, sapi dan itik adalah untuk meningkatkan populasi hewan di Kabupaten Grobogan. Selain itu, juga ingin meningkatkan produktifitas peternak dengan stimulus bantuan untuk pengembang biakan hewan ternak.
”Bantuan yang diberikan tidak hanya anakan saja, tetapi peternak juga diberikan penyuluhan hewan dari petugas. Dengan harapan hewan bisa cepat berkembang dan dalam keadaan sehat,” kata Riyanto.
Dia mengungkapkan, 30 kelompok kambing yang diberikan diantaranya diberikan kepada 5 kelompok kambing etawa, 9 kelompok kambing kacangan, 8 kelompok kambing jawa randu dan 8 kelompok kambing jawa domba. Setiap kelompok dengan anggota sepuluh orang mendapatkan 20 kambing.
”Dengan rincian itu, maka setiap anggota mendapatkan dua kambing untuk dibudidayakan. 30 kelompok ini, hampir tersebar di 19 Kecamatan. Setiap kelompok kambing nominalnya sekitar Rp 30 juta,” terang dia.
Sementara untuk dua kelompok sapi mendapatkan bantuan peranakan sapi, setiap kelompok mendapatkan 10 ekor peranakan sapi. Yaitu setiap kelompk mendapatkan bantuan Rp 100 juta. Sedangkan untuk itik ada tiga kelompok yang mendapatkan dengan nominal setiap kelompok Rp 20 juta. Kelompok yang didapat berada di Kecamatan Penawangan dan Godong yang mempunyai kelompok itik banyak.
”Diharapkan dengan bantuan ini, bisa memberikan peningkatan ekonomi kepada peternak. Sehingga mereka nantinya tidak hanya budidaya tetapi bisa membuat bibit atau peranakan sendiri,” ujarnya.
Dalam kejuaraan peternak kambing etawa, beberapa waktu lalu, K  abupaten Grobogan menjadi juara satu tingkat Jawa Tengah. Kelompok tani ternak kambing Mandiri di Desa Tegalrejo, Kecamatan Wirosari budidaya kambing Etawa jenis Kaligesing ini akan mewakili jawa Tengah maju tingkat nasional pada tahun ini.
Dia mengungkapkan, budidaya kambing jenis Etawa di Kabupaten memang sedang digalakkan untuk membantu swasembada daging dan susu kambing. Kambing Etawa jenis Kaligesing mempunyai keunggulan sendiri, tidak hanya sebagai penghasil susu, tetapi juga sebagai pedaging. Selain itu, secara fisik, jenis ini merupakan kambing yang penggemarnya tergolong eksklusif. Namun, hingga sekarang produksinya masih kalah dengan kambing jawa.
”Kelompok ternak Mandiri ini, sudah bisa menghasilkan pakan, perawatan, pembuatan makanan secara mandiri. Dan saya harapkan bisa menjadi juara nasional dan menjadikan kesadaran dan peran penuh tanggung jawab dari peternak kambing serta bisa dijadikan contoh di daerah lain untuk pengembangan kambing,” terang Riyanto.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Puluhan Kelompok Tani Dapat Bantuan Peranakan
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gubugraya.blogspot.com/2013/05/puluhan-kelompok-tani-dapat-bantuan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Tutorial SEO dan Blog support Online Shop Tas Wanita - Original design by Bamz | Copyright of BERITA GROBOGAN.